Kuliner Khas Pulau Madura, Bangkalan

Bangkalan merupakan salah satu dari empat Kabupaten di Madura setelah Sampang, Pamekasan dan Sumenep yang terletak di sebelah ujung Barat Pulau Madura. Jika kalian kesana melalui Pelabuhan Perak Surabaya dan sampai di Pelabuhan Ujung Kamal, maka berarti telah menginjakkan kaki di Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Semenjak diresmikannya Jembatan Suramadu, Kabupaten Bangkalan ini menjadi “mulut utama” Pulau Madura serta menjadi salah satu destinasi wisata pilihan di Jawa Timur, baik dari keindahan alamnya, budaya,serta wisata kulinernya. Wisata kuliner? Yap! Siapa yang menyangka bila di Bangkalan, Madura ini terdapat surga kuliner yang aduhai. Tak percaya? Berikut adalah beberapa destinasi kuliner di Bangkalan Madura yang tak boleh kamu lewatkan, yang saya rangkum:

Sate Madura

Untuk kuliner ini, hampir di seluruh penjuru Indonesia sudah mengenalnya, namun jika kamu ingin mencoba di tempat asalnya sebaiknya mampir ke Alun-Alun Bangkalan. Di sana kamu akan menemukan penjual kuliner yang satu ini.

Nasi Serpang Bangkalan

Nasi Serpang ini merupakan makanan yang lezat yang dimasak dengan perpaduan rempah sehingga rasanya unik. Nasi serpang ini biasanya disajikan dengan berbagai lauk, seperti ikan laut hingga daging. Yang menjadikan menu ini khas adalah menu ini biasanya bisa juga disajikan dengan ditambah kerupuk rambak bumbu rujak. Lokasinya yang menjual menu ini adalah di Jl. Panglima Sudirman, Bangkalan.

Bebek Sinjai

Kuliner yang satu ini sudah menjadi incaran pecinta kuliner, khususnya pecinta kuliner bebek. Banyak pelanggan dari Surabaya yang rela menyeberang ke Madura hanya untuk mencicipi kuliner yang satu ini. Bebek Sinjai dinikmati dengan nasi hangat dan sambel pencitnya pasti akan menggugah seleramu. Lokasinya sendiri ada di Jl. Raya Ketengen No. 45, Bangkalan.

Kaldu Kokot

Biasanya sop yang kita makan adalah yang berkuah segar dan berisi sayuran serta daging. Namun, di Bangkalan ada sop yang terbuat dari kacang hijau yang dimasak dengan bumbu rempah dan disajikan dengan potongan daging dan kikil. Dan yang membuat unik, menu ini dalam penyajiannya ditambah dengan bumbu petis dan kacang ulek. Kamu bisa menemukan kuliner yang satu ini di Jl. Arif Rahman No. 13, Bangkalan Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *