Penyebab & Cara Mencegah Terjadinya Kram Otot

Menurut para ahli medis menyebutkan bahwa mencegah terjadinya kram dapat dengan mudah dicegah dengan melakukan beberapa terapi dan juga dengan cara melakukan pola hidup yang sehat, nah untuk berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya kram atau kejang otot pada saat melakukan aktivitas yang berat.

Penyebab Kram Otot

1. Kram pada paha
Kram yang terakhir umumnya menyerang pada bagian paha, nah pertolongan pertama yang bisa anda lakukan ketika korban mengalami kram atau kejang otot di bagian paha ialah dengan cara meluruskan kaki korban, lalu angkat kaki yang terkena kram otot, setalah itu lutut ditekuk secara berlahan-lahan, pada bagian paha pijatlah ototnya dengan menggunakan balsem atau minyak kayu putih agar otot merasa rileks

2. Kram pada betis
Selain kram pada paha, kram atau kejang otot biasanya dapat menyerang pada bagian betis, kram pada bagian ini biasanya sulit untuk disembuhkan, namun jika korban mengalami kram pada betis maka langkah terbaik dalam mengatasinya ialah dengan lutut korban diluruskan secara sejajar, kemudian kaki ditekan dengan kuat yang mengarah ke tulang kering, setelah itu pijat otot betis pada korban agar ototnya terasa lebih rileks.

3. Kram pada kaki
Penanggulan pertama yang bisa anda lakukan saat terjadinya kram pada kaki korban dapat dengan mudah diitangani dengan cara kaki korban dibantu berdiri dan kemudian tahan kaki bagian depan, nah jika kram sudah berlalu maka anda bisa memijat kaki korban dengan perlahan-lahan, ada baiknya gunakan balsem atau minyak kayu putih ketika memijat.

Cara menyembuhkan kram otot

Meregangkan otot atau Pemanasan Sebelum Beraktivitas

Langkah agar tidak terjadi kram otot pada saat melakukan aktivitas yang padat ialah dengan cara melakukan Peregangan Atau Pemanasan Sebelum Beraktivitas, anda bisa melakukan peregangan otot  ini selama kurang lebih 15 sampai 30 menit, selain dapat mencegah terjadinya kram hal ini juga dapat ikut serta melatih jantung agar bekerja secara maksimal sebelum melakukan aktivitas.

Konsumsi Sayur-sayuran, Buah-buahan Dan Juga Vitamin

Rajin mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium, potasium dan magnesium juga merupakan langkah efektif untuk mencegah terjadinya kram. nah oleh sebab itu konsumsilah makanan yang banyak mengandung sayuran dan juga  vitamin B serta vitamin E, Karena otot di anggota tubuh kita tentu memerlukan vitamin-vitamin esensial dan juga protein yang dapat membantu memperbaiki dan membangun kembali sel-sel otot yang telah rusak, semoga bermanfaat.

Mandi Teratur

Cara mencegah terjadinya kram atau kejang otot ialah dengan cara merendam bagian yang mengalami kram dengan air hangat, hal ini sangat bagus untuk dilakukan setelah anda melakukan aktivitas yang padat, mandi dengan air hangat juga dapat secara efektif membantu meregangkan otot yang kejang pada saat anda ingin tidur.

Minum Air Putih 2 Liter per hari

Biasanya kram dapat terjadi akibat tubuh kehilangan cairan, nah oleh sebab itu untuk mengatasi hal ini maka langkah terbaik dalam mengatasi nya ialah dengan rutin minum air putih setidaknya 2 liter perhari atau setara kurang lebih delapan gelas sehari, sebab selain membantu meredakan terjadinya kram rajin minum air putih ini juga dapat menetralkan racun yang terdapat di dalam darah kita. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *